Refraksi Pada Mata Anak

celana jeans
Masa kanak-kanak adalah masa menyerap berbagai informasi, dan apa yang menjadi saluran si kecil untuk mendapatkan informasi tersebut. Tak lain adalah mata, merupakan mediasi sebuah informasi dapat terserap sebelum diolah otak.

Tetapi tak perlu khawatir jika anak memang membutuhkan kacamata sebagai alat bantu akibat gangguan pembiasan (refraksi). Kelainan mata ini membuat obyek yang ditangkap oleh mata terlihat tidak fokus alias buram. Keadaan inilah yang dikoreksi dengan pemakaian kacamata atau lensa kontak.

Sebenarnya, ada berbagai jenis gangguan pembiasan. Dan, yang biasa dialami anak adalah kelainan mata minus (gangguan pembiasan rabun jauh) dan kelainan mata plus (gangguan pembiasan rabun dekat). Tidak sulit untuk menerka gangguan mana yang diderita buah hati anda. Karena, ada beberapa perilaku khas yang umum sebagai pertanda.

Umumnya jika mereka memiliki kelainan minus, akan mendekatkan matanya ke buku, sebagai sebuah reaksi atas tidak tertangkapnya gambar oleh mereka, jarak mata normal saat melihat gambar atau membaca buku ialah sekitar 30 cm. Atau memicingkan matanya sambil memiringkan kepala ketika melihat obyek yang jauh seolah-olah berusaha mencari fokus yang jelas.

Demikian jika mereka memiliki kelainan plus, begitu melihat gambar atau bacaan, anak akan menjauhkan matanya dari buku tersebut, cepat mengeluh lelah dan merasa tidak nyaman ketika menggambar, menulis atau membaca. Bahkan terkadang mata anak mudah berair, merah, bahkan terasa gatal.

Jika anda merasa belum puas, cobalah melakukan serangkaian uji coba yang biasanya dilakukan dokter. Bila anak masih sangat kecil dan belum mampu berbicara, perlihatkan gambar dengan bentuk dan warna yang menarik perhatian. Kemudian gerak-gerakkan ke berbagai arah.

Dari sini, perhatikan apakah pandangan anak mengikuti gerakan gambar itu atau tidak. Bila tidak, ini berarti ada kemungkinan terjadi gangguan pada penglihatannya.

Untuk balita, perlihatkan gambar benda yang sudah sangat dikenal anak, seperti binatang, bentuk rumah, angka, atau huruf. Setelah itu, gambar tadi akan diperkecil dan diperkecil terus sampai batas maksimal anak bisa melihatnya dengan jelas, cobalah dengan sebuah alat bantu misalnya komputer.

Bila anda mencurigai adanya gangguan pada penglihatannya, apalagi kalau si kecil sampai mengeluh, segera konsultasikan ke dokter. Tentu saja, pemeriksaan yang dilakukan dokter akan disesuaikan dengan usia dan kematangan anak.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s